WASPADA COVID-19: MTSN 34 JAKARTA SEMAKIN MATANGKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

WASPADA COVID-19: MTSN 34 JAKARTA SEMAKIN MATANGKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Kebijakan Pemerintah Daerah dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta terkait penangganan Covid-19, alias Corona telah direspon dengan sigap oleh segenap lembaga pendidikan, termasuk MTsN 34 Jakarta. Respon itu dengan penerapan belajar di rumah atau home learning bagisiswa/I MTsN 34 Jakarta.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala MTsN 34 Jakarta, Chawa. “Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memutuskan untuk meliburkan sekolah selama dua pekan mulai Senin 16 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan belajar dilakukan melalui jarak jauh atau belajar di rumah. Selanjutnya Kementerian Agama melalui kebijakan kepala kantor wilayah kementerian agama provinsi DKI Jakarta juga melakukan hal yang sama, maka kami sebagai satker pelaksana harus merespon tersebut, salah satunya kita akan laksanakan pembelajaran jarak jauh atau home learning, tentu butuh penyesuaian dalam penerapannya”.

Selanjutnya, Chawa menerangkan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah kami sepakati meggunakan berbagai media pembelajaran online, seperti: quizis, google classroom, google from, e-learing kementerian agama, dan lainnya. Secara prinsip media pemberlajaran online diberikan pilihan kepada Guru untuk menggunakannya, tujuannya agar penggunaannya efektif, efesien, dan memudahkan semua pihak, baik guru, peserta didik, orang tuan, maupun madrasah sendiri dalam penggunaanya.

“kami sikapi kebijakan belajar d rumah ini dengan langsung menggelar rapat bersama, selain membangun kewaspadaan bersama, agar semua warga madrasah tidak terkena pendemi yang berbahaya ini, juga kita bahas perangkat  KBM jarak jauh secara online. Kami sepakat menggunakan media yang memudahkan semua, mana yang paling mungkin dipakai, bisa quizis, google classroom, e-learing kementerian agama, dan lainnya”, terang Chawa

Selama hampir dua pecan berjalan, Chawa mengapresiasi kretifitas para guru dan peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran online. Kreatifitas itu, dibuktikan dengan cepat dan tanggapnya pada guru dan peserta didik menggunakan berbagai fariasi media online, diantaranya minggu ini semua guru MTsN 34 Jakarta sudah mulai menggunakan prakat e-learning yang diproduksi khusus oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama RI.

“Alhamdulilah, satu minggu kemarin berjalan lancar home learning MTsN 34 Jakarta, kami apresiasi atas peran aktif guru dan peserta didik, mereka sangat kreatif, terbukti secara mandiri langsung dapat adaftasi dengan media pembelajaran online yang berfariasi, kami berterimakasih. Minggu ke-2 ini kami akan akan tingkatkan penggunaan E-Learing yang diproduksi khusus oleh kementerian agama Pusat”, tegas Chawa.

Semoga ujian ini segera berakhir, semua keluarga besar MTsN 34 Jakarta diberikan kekuatan ketabahan, semuanya sehat wal afiat, peserta didik dan orang tua juga demikian. Kepada Allah SWT, kita berdo’a agar semua diselamatkan dari wabah yang cukup berbahaya ini. Ars

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below