PASTIKAN SEMUA BEKERJA SESUAI TUGASNYA, MTsN 34 JAKARTA TERAPKAN PENGAWASAN DAN LAPORAN ONLINE PADA GURU DAN ORANG TUA

PASTIKAN SEMUA BEKERJA SESUAI TUGASNYA, MTsN 34 JAKARTA TERAPKAN PENGAWASAN DAN LAPORAN ONLINE PADA GURU DAN ORANG TUA

Sejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk meliburkan sekolah dan madrasah selama dua pekan mulai Senin 16 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19, MTsN 34 Jakarta menerapakn home learning dengan pola kerjasaama madrasah, komite, forum kelas dan orang tua. Untuk mamastikan semua bekerja pada tugasnya, maka kepala MTsN 34 Jakarta, Chawa mengeluarkan kebijakan laoran kinerja guru dan laporan pengwasan orang tua atas aktifitas peserta didik di rumah secara online.

Hal itu, sebagaimana keterangan Chawa sesaat sesaat setalah rapat koordinasi pimpinan dengan media daring, Selasa (24/03). “alhamdulilah semua rencana home learning sudah berjalan sepekan, minggu ini kita evaluasi dengan memantau hasil kinerja guru dan pengawasan orang tua, intinya semua harus dipastikan bekerja sesuai tugas masing-masing. Pimpinan telah memustuskan untuk memberikan alat evaluasi program secara online melalui guru dan orang tua”.

Lebih lanjut Kepala MTsN 34 Jakarta menuturkan bahwa instrument evaluasi online itu disusun selain untuk memantau perkembangan program home learning, juga ingin mengetahui sejauh mana kendala-kendala yang dihadapi guru, orang tua, peserta didik dan steakholder lainnya dalam menggunakan media e-learning yang sudah diterapkan selama seminggu sebelumnya.

“kita harus obyektif dalam memberikan program belajar di rumah, tidak sekedar memberikan tugas-tugas, tapi juga harus mengetahui kendala-kendala yang dihadapi orang tua, peserta didik, dan guru, terutama dalam penggunaan media pembelajaran online. Jangan-jangan tidak punya HP, jangan-jangan quota habis, atau jaringan jelak, dan lainya, ini perlu kita pantau terus-menerus dan dievaluasi secara berkala”, tegas Chawa

Sementara itu, Sudarmo, ketua komite MTsN 34 Jakarta mengapresiasi langkah cepat madrasah dalam merespon kebijakan pemerintah. Pihaknya, mendukung penuh kebijakan madrasah terkait home learning. Meskipun demikian, beliau berharap ada kebijaksaan dari madrasah, jika ada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam penggunaan media pemberjalan online, karane alasan tidak memiliki alat, keterbatasan quota internet atau lainya.

“Kita bersyukur, MTsN 34 Jakarta merespon dengan cepat terkait kebijakan belajar di rumah oleh pemerintah, ini patutu diapresiasi. Tentunya kami mendukung penuh, dan kami terus akan pantau pelaksanaan program melalui forum kelas, jika ada kendala mohon madrasah juga memberikan kebijaksaan. Karena kendala peserta didik dan orang tua sangat beragam, mulai, Hp yang belum androit, quota internet terbatas, dan lainya”, terang pria yang akrab disapa Pak Darmo.

Sebagai informasi, MTsN 34 Jakarta adalah salah satu madrasah yang ditetapkan sebagai pelaksanan pembelajaran daring atau E-Learning pada tahun mendatang oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama RI. ars

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below